BERITA

KULIAH UMUM ”Etika Komunikasi Dalam Media Digital Sesuai UU ITE”

Tanggal 2019-05-21

Kuliah umum dilaksanakan di STMIK Kaputama pada tanggal 17 Mei 2019, sebagai narasumber adalah dosen dari UGM(Universitas Gajah Mada) Yogyakarta yakni Ir. P. Insap Santosa, M. Sc, Ph.D. Dengan perkembangan teknologi informasi, membuat setiap orang mudah berkomunikasi. Sebenarnya sejak dahulu kala, jauh sebelum era teknologi kita sudah diajarkan bagaimana etika berkomunikasi oleh orang tua, sajak saudara atau famili.

Dalam kuliah umum ini dijelaskan secara statistik bagimana pertumbuhan pengguna internet beserta perangkat yang digunakan setiap tahun meningkat, tentu semuanya itu digunakan untuk berkomunikasi dalam dunia maya. Melihat banyaknya pengguna internet sebagai media komunikasi, dalam hal ini tidak hanya dosen, staf, tetapi juga mahasiswa bahkan masyarakat juga aktif menggunakan media sosial sebagai media komunikasi.

Oleh sebab itu STMIK Kaputama merasa perlu bagi para dosen, staf, terlebih mahasiswa perlu mendapat pengetahuan dan pemahaman bagaimana berinteraksi dan menggunakan media sosial dengan baik dan benar sehingga tidak terlibat berita HOAX, tidak terjerat dengan UU ITE , tentu tanpa mengurangi kebebasan berpendapat. Karena sekarang ini sudah banyak korban pelanggaran UU ITE, tanpa kita sadari bahwa komunikasi dunia maya ada batasan dan ada Undang-Undang yang mengatur sehingga tidak merugikan pihak lain.

Sebagai kesimpulan dari kuliah umum tersebut. Pentingnya Literasi Digital, karena Literasi digital mampu membuat seseorang untuk Mampu memanfaatkan sumberdaya digital dengan baik, Berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, Menyelesaikan persoalan, Berkomunikasi dengan lebih baik serta Berkolaborasi dengan lebih banyak orang. Dan bagaimana etika ber Internet Ria yakni Menggunakan identitas yang benar, Menggunakan kata-kata yang sopan, Mengakses situs yang bermanfaat, Selektif dalam memilih teman, Bijaksana dalam menulsi blog, Tidak menyebar berita tidak benar hoax) dan Jangan memberikan informasi sensitif